Ada 2 Indikasi Sand Filter Kolam Renang Perlu Diganti

Untuk mengetahuinya Anda tidak harus memiliki keahlian dalam mengganti media filtrasi kolam renang. Namun untuk lebih jelasnya mengetahui indikasi “kapan waktunya” sand filter kolam renang perlu diganti, merupakan sebuah keharusan.

Penjelasan tentang indikasi awal merupakan pengetahuan dasar sebagai pemilik kolam renang. Hal ini untuk menekan pada potensi pembiayaan perawatan kolam renang yang lebih besar untuk hari berikutnya

Walaupun kolam renang sudah melakukan perawatan dengan  menggunakan jasa perawatan kolam yang handal . Tetapi hasil perawatan nantinya tidak akan maksimal jika pada mesin sandfilter saja sudah tidak bisa dipakai.

Pengertian Sand filter ialah bagian dari komponen pendukung yang penting dan berguna sebagai penyaring kotoran, sehingga air  yang sudah melakukan penyaringan pastinya air yang dalam kolam renang menjadi sangat jernih.

Kenapa media sand filter harus diganti…….?

Ada dua penyebab media sand filter harus diganti. Sebelum menjelaskan pembahasan tersebut. Anda harus mengetahui apa saja fungsi dan bagian bagian sand filter.

Maka dari itu saya akan membahas penjelasan tentang fungsi dan bagian dari sand filter

Pengertian Sand filter merupakan supporting dari media kejernihan air kolam renang.

Sand filter juga memiliki fungsi  menyaring kotoran yang berada di air,agar air kolam renang tetap terjaga kejernihannya.

Dilihat dari namanya yaitu sandfilter, pastinya merupakan filter dengan alat bantunya  media pasir sebagai penyaringnya.

Bagian-bagian Pada Sand filter:

  • Media pasir, yang berfungsi sebagai media penyaringan kotoran. menggunakan metode media pasir kotoran yang ada di air menyebabkan menjadi terhalang, dan kotoran yang sudah melakukan penyaringan tidak akan kembali ke kolam renang.
  • Lateral, disini berfungsi sebagai saringan dari media pasir, sehingga pasir filter tidak akan masuk ataupun terdorong ke dalam kolam renang melalui saluran inlet.
  • Multivalve, fungsinya mengatur aliran air menuju saluran pembuangan. Cara kerjanya dengan memutar handle sesuai kebutuhan untuk sirkulasi air.
  • Tabung, bagian ini berfungsi sebagai tempat pasir dan tampungan air yang akan melewati proses filterisasi.

Penjelasan diatas sudah saya jelaskan apa saja fungsi dan bagian bagian sand filter, selanjutnya kita akan membahas masalah yang akan terjadi pada media sand filter

Media pasir yang dipakai sand filter untuk menyaring kotoran. Media pasir ini harus memakai pasir khusus buan pasir pada umumnya yang dipakai untuk bangun. Pasir khusus ini biasa disebut dengan pasir silika.

Kenapa harus pasir silika ,,,,?

Karena dengan menggunkan pasir silika kemungkinan  tidak akan pecah jika nantinya terkena benturan air, keuntungannya pasir akan lebih bertahan sebagai media dalam penyaringan juga lebih lama.

Pasir jenis ini termasuk pasir yang awet dan tahan lama, tetapi bukan berarti media pasir silika tidak perlu ada pergantian.

Dengan jumlah waktu tertentu akan berbanding dengan masa operasional kolam, media pasir silika perlu dilakukan penggantian.

Indikasi sand filter kolam renang perlu diganti

Pasir silika dapat diganti apabila terdapat gejala sebagai berikut :

  1. Media pasir sudah menggumpal

pasir fungsinya untuk menyaring kotoran, jika pasir atau sand filter menggumpal maka mengakibatkan perlunya pergantian pada pasir.oleh karena itu filtrasi pada pasir mengakibatkan tidak bagus lagi untuk digunakan.

jika media pasir sudah tergumpal maka peran dan fungsi sudah tidak akan berjalan dengan optimsl dalam proses penyaringan.

proses terjadinya penggumpalan pasir silika bersama kotoran penyebab tersebut dapat terjadi karena kurangnya perawatan pada filter. Contoh dengan  jarangnya anda melakukan backwash pada filter kolam renang, alhasil  kotoran menjadi tertanam di dalam tabung filter.

Kemudian, sirkulasi system filterisasi tidak rutin juga menyebabkan terjadi penggumpalan pasir silika,penyebab lainnya bisa terjadi jika air yang ada didalam filter tidak mengalir menyebabkan kotoran di tabung pasti akan tertanam dan mengeras.

Berikut tips pencegahan agar tidak terjadi penggumpalan pada  pasir silika

Untuk mengantisipasi terjadinya penggumpalan pada pasir silika (sand filter kolam renang), alangkh baiknya anda mengikuti tata cara sebagai berikut:

  • Begitu selesai melakukan tindakan vacuum, dilakukan backwash juga agar kotoran tidak sempat menempel di permukaan pasir silika yang akhirnya akan menggumpal. Kemudian tips yang kedua yaitu:
  • Lakukansirkulasi kolam renang secara teratur dengan menghidupkan mesin pompa sesuai dengan dengan kebutuhan sirkulasi kubikasi air kolam renang Anda.hal itu dilakukan secara teratur, gunanya menjaga pasir silika agar kondisinya baik dan menambah tingkat untuk kejernihan pada air kolam
  1. Media pasir sudah terlalu lama digunakan.

Media pasir (sand filter kolam renang) yang terlalu lama digunakan pastinya mengalami pengikisan pada butiran–butirannya. Adanya  pengikisan, timbulnya dampak pada proses penyaringan.

Memiliki diameter pasir kurang dari 0,4 mm dan bagian yang pecah pastinya akan mendorong masuk ke dalam kolam.

Penyaringan lubang pada laterial untuk ukuran diameter yang sangat kecil akan lolos.  Ketentuan untuk ukuran diameter pasir pada sand filter 0,4mm – 0,8mm

Jika pasir menjadi pecah maka hal itu dikarenakan adanya benturan yang terjadi pada tabung filter dan juga memicu akibat proses penyaringan menjadi tidak optimal. Dan membuat tingkat kejernihan berkurang.

Pasir silika yang sudah tidak dapat digunakan untuk menyaring, “dilihat dari pengalaman sebagai perawat kolam renang” maka pastinya pada lantai kolam akan selalu adanya endapan kotoran.

Media pasir silika dapat diganti jika sudah berumur tujuh hingga sepuluh tahun. Jika digunakan untuk perawatan kolam maka jika dilihat dari jangka waktu tersebut proses penyaringan pasir  masih dapat digunakan secara optimal.

kolam renang komersial, penggunaan sand filter pasti jauh lebih besar dari ukuran kolam pribadi. filter untuk sirkulasi dan filter untuk vacuum dibuat secara terpisah.

Jadi yang digunakan ialah vacuum trolley, kegunaannya ialah saat perawatan kolam renang bisa bergerak dengan leluasa untuk melakukan tindakan vacuum.

Penggunaan  vacuum trolley, akan mengurangi proses kerja filter untuk sirkulasi. Dilihat dari kondisi maka berpengaruh pada umur pasir silika yang digunakan.

kolam renang komersial ketentuan waktu penggantian pasir silika akan lebih lama dibanding penggantian pasir silika pada kolam renang pribadi.

kolam renang pribadi menggunakan satu filter untuk vacuum dan sirkulasi.maka dari itu  penggantian untuk waktu pasir silika akan lebih cepat dibanding dengan sand filter untuk kolam komersial.

Dilihat dari penjelasan diatas, apabila pasir silika sudah menggumpal perlu adanya pergantian pada sand filter.

Penggantian tersebut sangat perlu dilakukan agar proses filtrasi kembali normal dan hasil lebih maksimal.

Untuk pasir silika agar tahan lama, perlu melakukan perawatan secara berkala yaitu dengan melakukan backwash dan sirkulasi secara teratur setelah proses pekerjaan untuk  vacuum kolam renang.

Hubungi Aneka Pompa Kolam Renang

Bagi anda yang sedang mencari peralatan kolam renang bisa langsung Anda bisa hubungi nomor telepon berikut 021 78837733 . Kunjungi Website kami www.jualpompakolam.net .

Kantor kami terletak di alamat Jl. Ampera Raya No 17 G , Ragunan , Kec. Ps. Minggu Jakarta Selatan.

 

 

Updated: August 2, 2021 — 11:03 am