Toko Aneka Pompa Kolam Renang Jakarta

Saat ini sudah banyak ditemukan toko kolam renang yang membuat semua orang jadi lebih mudah untuk memenuhi fasilitas di rumah. Hal ini dikarenakan hampir setiap orang pasti memiliki kolam renang pribadi di rumah untuk menciptakan kepuasan tersendiri. Maka dari itulah banyak toko peralatan untuk kolam renang selalu diserbu pemilik rumah.

Selain bisa dijadikan sebagai pendukung sarana olahraga, kolam renang bisa membuat view rumah menjadi lebih indah dan enak dilihat. Selain itu, masih ada banyak keuntungan lainnya yang bisa didapatkan dengan memiliki kolam renang di rumah. Maka dari itulah jika Anda menginginkannya, saatnya untuk mengunjungi toko kolam renang sekarang juga.

Dengan berbelanja ke toko kolam renang, Anda bisa menciptakan hunian rumah yang terlihat lebih mewah. Sehingga semua penghuni rumah bisa lebih betah didalamnya. Meskipun ada juga yang masih menganggap bahwa kolam renang bukanlah hal penting. Karena butuh biaya besar untuk membangunnya. Di samping itu, kesadaran orang terhadap pentingnya berenang  masih tipis.

Tak heran bila penetrasi kolam renang menjadi lambat di daerah luar perkotaan. Terlepas dari semua itu, tanpa disadari ternyata kolam renang sebenarnya fungsinya banyak. Yaitu untuk relaksasi, terapi medis, mengatasi stres, sarana rekreasi di rumah, meningkatkan nilai jual rumah, dll. Untuk membuatnya, Anda bisa datang ke toko peralatan kolam renang.

Pengertian dan Fungsi Pompa Kolam Renang

Setiap kolam renang itu tidak hanya sekedar diisi air saja. Namun ada sebuah sistem yang kompleks dari beberapa komponen untuk membuatnya lebih sempurna. Sistem ini melibatkan beberapa peralatan seperti yang dijual oleh toko peralatan kolam renang saat ini. Salah satu peralatan yang dibutuhkan dalam pembuatan kolam renang adalah pompa air.

Pompa inilah yang nantinya berguna untuk menyaring air ke filter, kemudian dikeluarkan lagi dalam kondisi bersih. Melihat pentingnya fungsi peralatan ini, hal tersebut membuat banyak toko pompa kolam renang mulai diserbu oleh orang-orang. Di mana beberapa dari mereka menawarkan berbagai macam jenis pompa yang digunakan untuk kolam renang.

Sehingga hal ini membuat beberapa diantara dari mereka menjadi bingung untuk memilih yang mana. Padahal pompa air ini sangat penting sekali untuk kolam renang. Fungsinya yang berperan sebagai penghisap sekaligus pendorong air ke filter untuk melewati sistem filtrasi ini membuat toko pompa kolam renang begitu penting dan tidak boleh diabaikan.

Karena setelah air difilter maka kondisinya sudah lebih bersih jadi kolam renang lebih aman untuk anak-anak hingga orang dewasa. Mereka bisa berenang lebih bebas dan nyaman karena air yang dipakai sudah terjamin kualitasnya. Ini jauh lebih baik daripada berenang di kolam renang umum. Sehingga resiko tertular penyakit kulit lebih tipis.

Tips Memilih Pompa Kolam Renang

Di pasaran banyak orang menawarkan berbagai macam pompa untuk mendukung kebersihan kolam renang dari berbagai ukuran. Setiap produk punya karakteristik berbeda. Sehingga tidak semua pompa air bisa sesuai dengan kolam renang yang digunakan. Maka dari itulah perhatikan tips berikut ini di saat ingin membelinya di toko pompa kolam renang, antara lain:

  1. Sebaiknya pilihlah pompa air sesuai ukuran kolam renangnya. Jadi cari tahu dulu kapasitas aliran sirkulasi kolam renang dengan cara menghitung volume airnya. Setelah itu, sesuaikan kapasitas dan jenis yang sesuai dengan volume air tersebut. Jika kapasitas pompanya terlalu kecil dengan volume air besar, itu menyebabkan pompa menjadi over heat.
  2. Sesuaikan aneka pompa yang ada dengan ruangannya. Misalnya bila Anda akan membangun kolam indoor dengan ruangan terbatas, sebaiknya gunakan pompa yang kecil saja. Namun jika akan membangun kolam renang outdoor, sebaiknya pakai pompa besar karena ruangannya juga relatif lebih besar. Jadi perhitungkan ruangannya yang ada dalam memilih pompa air.
  3. Dengan banyaknya pilihan aneka pompa, sebaiknya perhatikan spesifikasinya. Untuk pembuatan kolam renang rumahan yang ukurannya kecil, sebaiknya pilih poma berdaya rendah. Yaitu, 750 W. Karena bila memakai pompa berdaya tinggi dan terlalu kuat akan membuat proses filtrasi menjadi terhambat. Sehingga penyaringannya menjadi tidak maksimal dan filter kolam beresiko rusak.

Tips Merawat Pompa Kolam Renang yang Benar

Dalam kondisi normal, umumnya pompa air dan filternya menjadi lebih awet bila dirawat dengan baik. Maka dari itulah sebaiknya lakukan treatment dan maintenance yang tepat karena bisa mempengaruhi kinerja pompa beserta filternya. Misalnya bisa menggunakan PAC berlebihan tanpa melihat kondisi pH air, akibatnya pasir silica dalam filter menjadi cepat rusak.

Selain itu, hal ini bisa menyebabkan kemampuan filter menjadi tidak maksimal. Dengan alasan inilah seringkali membuat filter yang sebenarnya bagus namun tidak bekerja maksimal, di mana air kolam renangnya tetap keruh karena kesalahan perawatan. Maka dari itulah setelah pembelian pompa di toko perlengkapan kolam renang, sebaiknya lakukan perawatan setahun sekali.

Anda harus segera mengganti bearing pompa setidaknya 1 hingga 2 tahun sekali. Karena jika sampai melupakannya, kerusakannya bisa  menjalar kemana-mana. Misalnya saja pada as motor, mechanical seal, dan harus mengganti mesin pompanya. Disamping itu, cara pemakaiannya mesin dari toko perlengkapan kolam renang harus benar. Jika tidak, pompa bisa meledak.

Maka dari itulah pastikan pompa beserta filternya terpasang dengan baik. Keduanya harus dipasang berdasarkan daya dan luas kolam renangnya. Selain itu, ruangan instalasi mesinnya harus memadahi agar perawatannya lebih mudah. Setiap pool man wajib menguasai fungsi dan cara operasional mesin kolam renang dengan baik untuk menghindari hal-hal yang tidak-tidak.

Cara Memasang Pompa Kolam Renang yang Benar

Proses pemasangan pompa air untuk kolam renang sebenarnya bisa juga dilakukan sendiri di rumah. Jadi Anda tidak harus memakai jasa instalasi, namun cukup pahami dengan baik segala informasinya yang tertera dalam mesin pompa tersebut. Berikut ini adalah cara pemasangan pompa air untuk kolam renang yang tepat, antara lain:

  1. Setelah membelinya dari toko perlengkapan kolam renang, sebaiknya pastikan permukaan pipa yang mau dilem dalam kondisi kering dan bersih. Karena bila bagian ini kondisinya basah, lemnya menjadi tidak dapat menempel dengan baik. Sehingga bagian ini mudah mengelupas. Bila sudah kering permukaan pipanya dan fitting dulu menggunakan kepala gergaji.
  2. Anda juga bisa mengamplas yang kasar supaya lemnya bisa menyatu dengan pipa agar sambungannya tidak mudah bocor. Kemudian, oleh lem tersebut ke pipa dalam jumlah banyak supaya permukaannya licin dan mengurangi resiko kebocoran. Saat Anda menyatukan permukaan pipa dan fittingnya, gunakan katrol. Lakukan berurutan hingga pipanya tersambung dengan pompanya.

Bila Anda masih bingung bagaimana cara pemasangan pompa air untuk kolam renang dan di manakah tempat membelinya, maka silahkan hubungi kami sekarang juga. Kami menyediakan berbagai macam pompa air untuk kolam renang. Karena kami adalah toko perlengkapan kolam renang yang siap melayani semua kebutuhan Anda.

Aneka Pompa Kolam Renang © 2018